Home » 1001 Cara » Windows » Cara Mematikan Bitlocker di Windows 11
Cara Disable Enkripsi BitLocker di Laptop Windows 11

Cara Mematikan Bitlocker di Windows 11

Kamu bisa mematikan enkripsi perangkat BitLocker langsung dari pengaturan di Windows 11, yang memang biasanya sudah diaktifkan secara default. Meskipun ini bisa mengurangi tingkat keamanan komputermu, langkah ini juga bisa mempermudah kamu untuk mengakses data saat drive-nya dihubungkan ke PC lain.

Nah, ini bisa sangat membantu, lho, kalau tiba-tiba komputermu rusak atau laptop utamamu tidak bisa digunakan. Jadi, kamu tetap bisa mengakses data penting tanpa ribet tanpa Bitlocker recovery key.

Apa itu BitLocker Encryption?

BitLocker Encryption adalah cara keren buat mengunci data sensitif di drive komputer atau laptop kamu di Windows. Dengan enkripsi ini, cuma kamu atau orang yang berwenang saja yang bisa mengakses data di volume yang terenkripsi, yang tentunya sangat berguna buat laptop atau komputer kerja yang sering dibawa ke mana-mana.

Kalau kamu punya lebih dari satu sistem operasi (OS) di komputer, BitLocker ini bakal memastikan semua drive tetap terenkripsi. Ini penting banget buat mencegah data bocor ke pengguna lain atau bahkan ke penyerang yang iseng. Jadi, data kamu tetap aman di mana pun.

Sebagai pengguna Windows 11 yang mungkin belum begitu familiar, banyak yang nggak sadar kalau Windows otomatis mengenkripsi hard drive mereka. Nah, masalahnya, kalau kamu harus menginstal ulang Windows dan lupa menyimpan kunci pemulihan BitLocker, semua data kamu bisa hilang begitu saja. Mungkin ini nggak jadi masalah besar kalau Windows cuma mengenkripsi drive C saja dan bukan semua drive yang ada.

Selain itu, enkripsi BitLocker ini bisa cukup mempengaruhi performa perangkat, apalagi kalau kamu pakai SSD super cepat seperti PCIe Gen4 NVMe. Penurunan performanya bisa mencapai 45% di beberapa kasus! Jadi, meskipun data kamu aman, kecepatan perangkatmu bisa melambat cukup signifikan.

Cara Disable BitLocker Encryption di Windows 11

Fitur enkripsi otomatis BitLocker ini adalah inovasi keren dari Microsoft yang dikembangkan khusus buat membantu kamu menjaga data di perangkat Windows tetap aman. Jadi, begitu kamu nyalain komputermu, BitLocker langsung bekerja di belakang layar untuk melindungi semua data pentingmu dari tangan-tangan jahil atau ancaman lainnya.

Windows 11 Home Edition nggak punya fitur Enkripsi BitLocker, jadi kalau kamu pakai Windows 11 Home, sebaiknya kamu nggak usah repot-repot ikuti panduan ini.

Baca Juga: Cara Menampilkan Aplikasi di Layar Utama Laptop Windows 11

Cek Status BitLocker

Mengecek status BitLocker itu penting banget, lho! Dengan begitu, kamu bisa tahu apakah enkripsi BitLocker di komputermu sudah aktif atau belum. Jadi, kamu nggak bakal kebingungan soal keamanan data di perangkatmu.

Cara cek status enkripsi BitLocker :

  • Ketik CMD di pencarian Windows.
  • Klik untuk membuka Command Prompt.
  • Untuk mengecek status BitLocker, masukkan perintah: manage-bde -status
  • Kemudian tekan Enter.
  • Perhatikan pada Drive dan Protection Status.
  • Protection Off jika mati dan Protection on jika menyala.
  • Selesai.

Cek status BitLocker di Windows 11

1. Disable BitLocker via Control Panel

Cara pertama buat mematikan enkripsi BitLocker di Windows 11 bisa kamu lakukan lewat Control Panel. Gampang banget, kok! Bahkan pemula pun bisa ngikutin langkah-langkahnya tanpa masalah.

  • Klik ikon Pencarian dan ketik Control Panel.
  • Klik Control Panel, lalu pilih System and Security.
  • Klik BitLocker Drive Encryption.
  • Klik Turn off BitLocker.
  • Restart komputer untuk melihat perubahannya.
  • Selesai!

Baca Juga: 3 Cara Masuk Safe Mode di Windows 11

2. Matikan BitLocker via This PC

Selain lewat Control Panel, kamu juga bisa mematikan enkripsi BitLocker dengan mudah melalui menu This PC atau Komputer Saya. Caranya nggak ribet, cukup beberapa klik saja dan kamu sudah bisa menonaktifkan enkripsi di drive yang kamu inginkan.

  • Buka This PC di laptop atau komputer.
  • Klik kanan pada Drive yang ingin BitLockernya disable.
  • Lalu pilih Manage BitLocker.
  • Klik Turn off BitLocker lalu konfirmasi.
  • Terakhir restart laptop untuk melihat hasilnya.
  • Selesai.

Setelah kamu menonaktifkan enkripsi BitLocker di Windows 11 dengan langkah-langkah di atas, pastikan untuk memeriksa status BitLocker agar yakin Protection Status-nya menjadi Off.

Selain dua cara tadi, ada banyak cara lain untuk menonaktifkan BitLocker di Windows 11. Kamu bisa melakukannya melalui layanan Windows, Konfigurasi Sistem, Command Prompt, PowerShell, Editor Registri, dan Editor Kebijakan Grup. Tapi cara-cara itu agak ribet jadi kami tidak sertakan di sini.

Wijaya Kusuma

Seorang penulis freelance dengan pengalaman luas di berbagai jenis penulisan terutama bidang Teknologi.

Post navigation

Cara Memblokir Akun Orang di TikTok

Cara Menghilangkan Garis Biru di Word

Cara Menghapus Garis Tabel di Word

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi